SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PANTI ASUHAN TAMAN HARAPAN KOTA LANGSA TAHUN 1959 – 2018

R I D U A N (2019), SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PANTI ASUHAN TAMAN HARAPAN KOTA LANGSA TAHUN 1959 – 2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Panti Asuhan Taman Harapan Kota Langsa adalah sebuah tempat penampungan anak-anak yatim piatu dan kurang mampu yang masih berusia anak-anak hingga remaja yangdititipkan untuk mendapatkan perlindungan dan kehidupan yang lebih baik, mendapat jaminan kebutuhan primer dan skunder, pendidikan serta kegiatan bimbingan keagamaan melalui pendanaan yang bersumber dari Dinas Sosial Pemerintah Kota Madya Langsa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah berdiri dan perkembangan Panti Asuhan Taman Harapan Kota Langsa sejak Tahun 1959 sampai 2018. Metode yang digunakan adalah Historis atau penulisan sejarah, yang meliputi pengumpulan data interview secara mendalam dan observasi di lapangan serta ditambah dengan penelitian kepustakaan.
Informan dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yang terdiri dari unsur Birokrasi, Akademisi, Ulama, Pengurus Panti, Tokoh Masyarakat dan Pemuda.Pada penelitian ini memperoleh hasil penelitian bahwa: Sejarah Panti Asuhan Taman Harapan Kota Langsa pada awalnya yaitu pada tahun 1954 hanya sebuah tempat yang dipergunakan untuk menampung dan memberi perlindungan kepada para pengungsi yang berasal dari Pangkalan Brandan Sumatera Utara yang mengungsi ke Langsa akibat konflik antara pihak Belanda dengan Tentara Republik Indonesia (TRI) yang terjadi pada tahun 1947 dan tempat penampungan tersebut dinamakan dengan Asrama Sosial. Setelah era penampungan pengungsi berakhir, tempat penampungan tersebut ditetapkan menjadi panti asuhan berdasarkan surat keputusan Menteri Sosial RI pada tanggal 8 November 1955 dan diberi nama Panti Asuhan Taman Harapan. Sejak saat itu, panti asuhan terus eksis sebagai sebuah panti yang menampung anak-anak yatim piatu dan anakanak yang kurang mampu.
Dibalik eksistensi Panti Asuhan Taman Harapan Kota Langsa sejak Tahun 1959 sampai 2018, dalam aspek perkembangannya panti asuhan tersebut mengalami perkembangan yang cukup bearti dalam bidang-bidang pembangunan sarana dan prasana panti, penyedian fasilitas panti, dalam aspek memenuhi kebutuhan-kebutuhan terhadap anak-anak. Baik kebutuhan primer, skunder, dan kebutuhan tersier terhadap anak asuhan serta perkembangan dalam hal anggaran yang disalurkan oleh Pemerintah Kota Madya Langsa hingga saat ini melalui Dinas Sosial. Namun dalam hal bimbingan keterampilan terhadap anak-anak asuhan di Panti Asuhan Taman Kota Langsa masih sangat perlu untuk ditingkatkan lagi.

Kata kunci : Kata Kunci: Panti Asuhan Langsa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : R I D U A N
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2019)
Tanggal disimpan : 28-02-2020 10:33
Terakhir diubah : 28-02-2020 10:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=438
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!