PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA TEMA 8 BUMI DAN ALAM SEMESTA DI KELAS III SD NEGERI 7 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NAHDINA RAMADHANI (2019), PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA TEMA 8 BUMI DAN ALAM SEMESTA DI KELAS III SD NEGERI 7 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK


Pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar khususnya di SD Negeri 7 Langsa
masih berpusat pada guru dan jarang melibatkan aktivitas siwa. Oleh sebab itu siswa
menjadi tidak aktif untuk mengutarakan pendapatnya sehingga tujuan pembelajaran tidak
tercapai dengan maksimal.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan
penguasaan konsep siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran
Children Learning in Science (CLIS) di kelas III SD Negeri 7 Langsa dan untuk
mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Children Learning in Science
(CLIS) terhadap penguasaan konsep siswa di kelas III SD Negeri 7 Langsa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain OneGroup-Pretset-Posttest-Design.


Sampel penelitian ini diambil 1 kelas yang berjumlah 20
orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi.
Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis diperoleh uji t -2,71 ≥ 4,38


≤ 2,71, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa
terdapat perbedaan penguasaan konsep berdasarkan hasil belajar siswa sebelum dan setelah
diberi perlakuan yang menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science.
Pelaksanaan penelitian menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science
dengan melalui beberapa tahapan terlaksana dengan baik dan siswa terlihat aktif dalam
mengikuti proses pembelajaran.
Disarankan kepada guru kelas agar selalu menggunakan model pembelajaran yang
kreatif dan inovatif seperti model pembelajaran Children Learning in Science agar dapat
meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Model pembelajaran yang digunakan juga harus
sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran sehingga dapat berpengaruh positif
terhadap efektivitas hasil belajar.


 

Kata kunci : Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Model Pembelajaran Children Learning in Science.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NAHDINA RAMADHANI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2019)
Tanggal disimpan : 24-02-2020 12:52
Terakhir diubah : 24-02-2020 12:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=377
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!