PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMP NEGERI 5 LANGSA

DEVI RAHMAWATI (2018), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMP NEGERI 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kegiatan belajar mengajar akan tercapai apabila siswa mampu mengikuti proses
pembelajaran yang diberikan oleh guru didalam kelas. Untuk meningkatkan hasil
belajar yang baik, guru harus dapat memilih dan menerapkan sebuah model
pembelajaran salah satunya model Double Loop Problem Solving (DLPS). Model
Double Loop Problem Solving (DLPS) merupakan suatu model pembelajaran yang
dikembangkan untuk dapat melatih merangsang perkembangan kemajuan berpikir
siswa untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi dengan cepat. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui peningkatan dengan penerapan model pembelajaran Double
Loop Problem Solving (DLPS) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi zat
aditif dan zat adiktif di SMP Negeri 5 Langsa dan untuk mengetahui bagaimana besar
peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII setelah menerapkan model pembelajaran
Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi zat aditif dan zat adiktif di SMP
Negeri 5 Langsa. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 5 Langsa. Penelitian ini
menggunakan metode Eksperimen. Populasi keseluruhan siswa kelas VIII yang terdiri
dari tiga kelas yang berjumlah 88 siswa, sampel penelitian ini dipilih menggunakan
teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas VIII.1 dengan jumlah 29 siswa,
dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Hasil penelitian
menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Double
Loop Problem Solving (DLPS) pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII.1 di
SMP Negeri 5 Langsa peningkatannya tergolong tinggi. Dan besar peningkatan hasil
belajar siswa melalui penerapan model Double Loop Problem Solving (DLPS) pada
materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII.1 di SMP Negeri 5 Langsa sebesar 66,43%.
Disarankan kepada guru-guru agar dapat menggunakan model Double Loop Problem
Solving (DLPS) atau berbagai macam model-model pembelajaran lainnya agar dapat
diperoleh hasil belajar yang baik.

Kata kunci : Double Loop Problem Solving (DLPS), Hasil Belajar Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DEVI RAHMAWATI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 15-01-2019 09:43
Terakhir diubah : 15-01-2019 09:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=37
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!