PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 PEUDAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KHAIRUNI (2019), PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 PEUDAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK


Pendidikan merupakan suatu usaha dalam hal pembelajaran untuk
mengubah suatu individu sehingga dibutuhkan mutu pendidikan yang berkualitas.
Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah mengusahakan
pengadaan sarana dan prasarana pendididikan, Seperti buku-buku paket, alat peraga
dan penyesuaian kurikulum. Menurut Ahmadi (2000: 2) Pemerintah telah membuat
seperangkat garis-garis besar pedoman pengajaran (GBPP) sebagai pedoman untuk
para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah:
Untuk mengetahui adakah peningkatan dengan model pembelajaran Probing
Prompting Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan
di SMA Negeri 1 Peudawa Tahun Pelajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui
seberapa besar peningkatan dengan model pembelajaran probing prompting
learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan di SMA
Negeri 1 Peudawa Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan berupa
metode penelitian eksperimental (Experimental Research). Populasi dari penelitian
ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Peudawa. Tehnik pengambilan sampel
dengan cara acak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan
model pembelajaran probing prompting learning terdapat peningkatan hasil belajar
siswa pada materi pelestarian lingkugan di kelas X
1
SMA Negeri 1 Peudawa
Kabupaten Aceh Timur dikategorikan baik. Besarnya peningkatan hasil belajar
siswa di kelas X
1
SMA Negeri 1 Peudawa Kabupaten Aceh Timur Tahun ajaran
2016/2017 adalah 82,68%




Kata kunci : Kata Kunci: Hasil belajar, model Probing Prompting Learning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : KHAIRUNI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2019)
Tanggal disimpan : 21-02-2020 10:59
Terakhir diubah : 21-02-2020 10:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=354
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!