ANALISIS LITERASI SAINS DALAM MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA SMA DI KOTA LANGSA

Zakirah Safrina (2023), ANALISIS LITERASI SAINS DALAM MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA SMA DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Literasi sains terdiri atas aspek konten, aspek konteks, aspek proses dan aspek sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian literasi sains dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Langsa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA dari lima SMA Negeri di Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 142 sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes literasi sains dan lembar angket sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menentukan skor persentase tes literasi sains dengan rumus nilai persentase dan menentukan sikap ilmiah pada penelitian menggunakan rumus nilai indeks. Hasil penelitian menunjukan ketercapaian literasi sains siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Langsa tergolong sedang dengan persentase ketercapaian 71,48%. Kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten dengan persentase 75%, pada aspek konteks dengan persentase 70%, pada aspek proses dengan persentase 72% dan pada aspek sikap ilmiah dengan persentase 66%. Pada aspek konten, kemampuan literasi sains siswa pada konten: komposisi materi 70%, perubahan materi 73%, sifat materi 79%, dan energi yang menyertai perubahannya 77%. Pada aspek konteks, kemampuan literasi sains siswa pada konteks: sumber daya alam 67%, perkembangan terkini sains dan teknologi 82%, kesehatan 51%, bahaya 76%, dan lingkungan 73%. Pada aspek proses, kemampuan literasi sains siswa pada proses: menjelaskan fenomena secara ilmiah 72%, mengidentifikasi masalah ilmiah 87%, dan menggunakan bukti ilmiah 57%. Sikap ilmiah siswa pada indikator: kesenangan dalam mengikuti pembelajaran kimia 73%, Motivasi 65,6%, Konsep diri dalam kimia 70,2%, dan Nilai dalam kimia 54,5%. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten dengan rata-rata 75%, pada aspek konteks dengan rata-rata 70%, pada aspek proses dengan rata-rata 72% dan pada aspek sikap ilmiah dengan rata-rata 66%.


 

Kata kunci : Analisis, Konteks, Konten, Literasi Sains, Proses sains, Sikap

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zakirah Safrina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 24-10-2022 12:14
Terakhir diubah : 04-11-2022 16:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3389
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!