ANALISIS KARAKTER MANDIRI DAN PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA SELAMA PANDEMI COVID-19

Vinni Putri Ayu Dani (2022), ANALISIS KARAKTER MANDIRI DAN PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA SELAMA PANDEMI COVID-19. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang analisis peneliti terhadap karakter mandiri dan peduli lingkungan peserta didik pada pembelajaran kimia selama masa pandemic Covid-19 ini. Dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter mandiri dan peduli lingkungan yang tertanam pada peserta didik melalui pembelajaran kimia selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Langsa.


Instrument yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 yang berjumlah 23 orang yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket (kuesioner), melakukan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil persentase tiap aspek indikator didalam angket. Pada angket mandiri, aspek indikator percaya diri memperoleh jumlah persentase sebesar 89,13%, pada aspek indikator disiplin memperoleh jumlah persentase sebesar 84,64%, pada aspek indikator inisiatif memperoleh jumlah persentase sebesar 87,88% begitu juga dengan aspek indikator tanggung jawab sebesar 87,88% dan pada aspek indikator kontrol diri memperoleh jumlah persentase sebesar 86,95%. Sedangkan pada angket peduli lingkungan, aspek indikator kerja keras untuk melindungi alam memperoleh jumlah persentase sebesar 83,91%, pada aspek indikator menghargai kesehatan dan kebersihan memperoleh jumlah persentase sebesar 82,78%, pada aspek indikator bijaksana dalam menggunakan SDA memperoleh jumlah persentase sebesar 84,05% dan pada aspek indikator tanggung jawab terhadap lingkungan memperoleh jumlah persentase sebesar 82,06%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa karakter mandiri dan peduli lingkungan peserta didik pada pembelajaran kimia selama pandemi Covid-19 ini memiliki interpretasi dalam kategori baik dengan persentase keseluruhan indikatornya yaitu 83,38% untuk karakter mandiri dan 83,15% untuk karakter peduli lingkungan. Saran yang dapat peneliti berikan kepada peneliti selanjutnya berupa terkait analisis karakter mandiri dan peduli lingkungan yaitu diharapkan penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi dan diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menganalisis karakter-karakter selanjutnya pada peserta didik .


 


 


 

Kata kunci :  Pendidikan Karakter, Karakter Mandiri, Pandemi Covid-19, Karakter Peduli Lingkungan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Vinni Putri Ayu Dani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2022)
Tanggal disimpan : 20-10-2022 11:34
Terakhir diubah : 20-10-2022 23:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3377
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!