PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI TIMBANG LANGSA

CUT RAFIKA FIRDAUS (2022), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI TIMBANG LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses pembelajaran yang terjadi dikelas masih berfokus pada pemberian materi saja tanpa melibatkan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, terdapat siswa yang main-main dikelas dan adapula yang hanya diam tanpa memberikan respon terhadap pembelajaran. Hal tersebut berakibat terhadap hasil belajar siswa sehingga nilai siswa belum mencapai KKM. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) yang bertujuan untuk membantu siswa membangun pengetahuan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Timbang Langsa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Designs tipe One Shot Case Study. Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Berdasarkan hasil perhitungan didapat thitung dengan taraf signifikansi 0,05 pada hasil belajar siswa ranah kognitif adalah thitung > ttabel atau 7,656 > 2,052. Hasil belajar siswa pada ranah afektif diperoleh thitung > ttabel atau 15,955 > 2,052. Dan hasil belajar siswa pada ranah psikomotor adalah thitung > ttabel atau 13,873 > 2,052. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Timbang Langsa. Penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) diharapkan dapat diterapkan dan dikembangkan lebih baik untuk membantu siswa terlibat aktif didalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : CUT RAFIKA FIRDAUS
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 13-10-2022 11:13
Terakhir diubah : 22-10-2022 10:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3353
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!