PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DIGITAL BERORIENTASI EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Rahmat Tanjung (2023), PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DIGITAL BERORIENTASI EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu media pembelajaran berupa lembaran kertas yang berisi materi, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik, yang mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis digital berorientasi everyday life phenomena pada materi sifat koligatif larutan, mengetahui kebutuhan LKPD digital, mengetahui kelayakan LKPD digital, dan untuk mengetahui kepraktisan LKPD digital yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE yang diadaptasi dari Lee & Owes (2004). Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri Se-Kota Langsa  dan sampelnya guru kimia kelas XII SMA Negeri 2, 3, 5 Langsa dan siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan angket respon yang terdiri dari angket respon guru dan angket respon siswa yang digunakan untuk memperoleh data kuantitatif sebagai data primer dan data kualitatif berupa saran dan masukan sebagai data perbaikan LKPD digital. Hasil penelitian berupa hasil analisis kebutuhan, hasil uji kelayakan, dan hasil kepraktisan. Hasil analisis kebutuhan didapatkan bawa guru Kimia membutuhkan LKPD berbasis digital berorientasi everyday life phenomena pada materi sifat koligatif larutan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan didapatkan hasil sangat layak dengan rata-rata penilaian kelayakan media sebesar 94% dengan kriteria sangat layak dan penilaian kelayakan materi sebesar 81% dengan kriteria sangat layak. Hasil kepraktisan mendapatkan hasil sangat praktis dengan persentase rata-rata sebesar respon guru 92% dengan kriteria sangat praktis dan respon siswa 91% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guru kimia membutuhkan LKPD berbasis digital berorientasi everyday life phenomena pada materi sifat koligatif larutan dalam pembelajaran, LKPD berbasis digital berorientasi everyday life phenomena pada materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan  sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran, dan LKPD berbasis digital berorientasi everyday life phenomena pada materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Everyday life phenomena, LKPD berbasis digital, Sifat koligatif larutan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmat Tanjung
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 10-10-2022 10:01
Terakhir diubah : 10-10-2022 10:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3336
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!