ANALISIS KESADARAN LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT DI BANTARAN SUNGAI DESA LAWE SEKERAH KECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA

Wila Divani (2023), ANALISIS KESADARAN LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT DI BANTARAN SUNGAI DESA LAWE SEKERAH KECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Desa Lawe Sekerah merupakan salah satu gampong yang ada di Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara. Sungai Lawe Sekerah berada di Desa Lawe Sekerah, salah satu sungai yang dikelilingi oleh hutan dan penduduk di sepanjang desa ini di kelilingi oleh sungai, jadi bisa di katakana di sepanjang sungai tersebut terdapat penduduk ataupun masyarakat yang tinggal di dekat sungai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesadaran Lingkungan pada masyarakat di Bantaran Sungai Desa Lawe Sekerah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena informasi penelitian berupa angka-angka dan analisinya menggunakan statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran lingkungan pada masyarakat dapat disimpulkan bahwa dari variabel pengetahuan memiliki arah positif, dan memiliki tingkat pengetahuan yang cuku dengan nilai rata-rata 68,69%. Pada variabel sikap tidak memiliki arah positif terhadap kesadaran lingkungan, dan memiliki sikap yang cukup dengan nilai rata-rata 67,95%. Kesadaran lingkungan dilihat dari variabel pengetahuan, sikap dan perilaku memiliki kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,72%. Pengetahuan yang cukup dengan nilai rata 68,69%%. Pada sikap masyarakat Desa Lawe Sekerah memiliki sikap yang cukup dengan nilai rata-rata 67,95%. Kesadaran masyarakat dilihat dari variable pengetahun, sikap dan perilaku memiliki kategori cukup yang nilai rata-ratanya 66,72%.

Kata kunci : Kesadaran Lingkungan, Bantaran Sungai

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wila Divani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 05-10-2022 10:14
Terakhir diubah : 10-10-2022 16:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3326
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!