ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP EKSPLOITASI BAHAN GALIAN GOLONGAN C DI GAMPONG PONDOK KEMUNING KECAMATAN LANGSA LAMA

Ahmad Husen (2023), ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP EKSPLOITASI BAHAN GALIAN GOLONGAN C DI GAMPONG PONDOK KEMUNING KECAMATAN LANGSA LAMA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya eksploitasi bahan galian golongan C yang dilakukan dari tahun 2012 sampai saat ini di Gampong Pondok Kemuning. Hal ini di prediksi terjadinya kerusakan lingkungan yang membuat terganggunya aktifitas masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan kepada masyarakat terhadap eksploitasi bahan galian golongan C. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan masyarakat tentang bahan galian golongan C di Gampong Pondok Kemuning, untuk menganalisis tingkat pengetahuan masyarakat tentang eksploitasi bahan galian golongan C di Gampong Pondok Kemuning dan untuk menganalisis tingkat pengetahuan masyarakat terhadap dampak eksploitasi bahan galian golongan C di Gampong Pondok Kemuning. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan studi kasus pengumpulan data, data sosial dari yang akan diteliti. Dalam mendapatkan data, yaitu dengan cara melakukan data suvey lapangan untuk melihat langsung keadaan dilapangan serta menyebar soal test untuk mendapatkan data dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat terhadap bahan galian golongan C yaitu tingkat tinggi 65 %, sedang 15% dan rendah 20%. Sedangkan analisis tentang eksploitasi bahan galian yaitu tinggi 75% sedang 20 % dan rendah 5%. Tingkat pengetahuan dampak bahan galian golongan C yaitu tingkat tinggi 86%, sedang 6% dan rendah 8%. Ini menunjukkan bahwa tinggkat pengetahuan masyarakat terhadap eksploitasi bahan galian golongan sangat tinggi. Hal tersebut karena sebelum adanya operasi tambang bahan galian golongan C sudah disosialisakian kepada masyrakat melalui perangkat gampong bahwa akan adanya dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan.


 


 

Kata kunci : Eksploitasi Bahan Galian C, Tingkat Pengetahuan Masyarakat, Gampong Pondok Kemuning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ahmad Husen
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 04-10-2022 17:08
Terakhir diubah : 18-10-2022 17:37
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3325
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!