PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PRODUKSI GETAH PINUS (STUDI KASUS : DATA PERSEDIAAN DAN PERMINTAAN PRODUKSI GETAH PINUS PADA PT. INHUTANI IV DISTRIK ACEH)

Sonia Anisa Putri (2022), PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PRODUKSI GETAH PINUS (STUDI KASUS : DATA PERSEDIAAN DAN PERMINTAAN PRODUKSI GETAH PINUS PADA PT. INHUTANI IV DISTRIK ACEH). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Inhutani IV Distrik Aceh perlu merencanakan produksi yang tepat agar dapat dicapai keuntungan maksimal. Oleh karena itu, perusahaan tersebut perlu mengembangkan sistem yang dapat memprediksi jumlah getah pinus yang dapat diproduksi. Penelitian ini menggunakan data dari PT. Inhutani IV Distrik Aceh yang bergerak dalam bidang produksi getah pinus mentah. Penelitian ini menggunakan metode fuzzy mamdani untuk meramalkan jumlah produksi getah berdasarkan data permintaan, data persediaan dan data produksi getah per bulan pada Tahun 2019 - 2020. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, dengan variabel input permintaan bulan Januari 2021 sebesar 91.404 kg dan persediaan bulan Desember 2020 sebesar 71.466 kg, dengan metode fuzzy mamdani mendapatkan hasil prediksi getah pinus yang dapat diproduksi perusahaan tersebut adalah 191.763 kg pada bulan Januari 2021 dan berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan ukuran keakurasian MAPE metode fuzzy mamdani memiliki nilai MAPE 45,69 % sehingga dapat disimpulkan bahwa metode fuzzy mamdani cukup baik digunakan untuk memprediksi produksi getah pinus di PT. Inhutani IV Distrik Aceh.

Kata kunci : Permintaan, metode fuzzy mamdani, persediaan, produksi, MAPE, dan getah pinus.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sonia Anisa Putri
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 26-09-2022 15:14
Terakhir diubah : 27-09-2022 09:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3315
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!