STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN KAMBING PERANAKAN ETAWA (CAPRA AEGAGRUS HIRCUS) MILIK BUMG DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN LANGSA BARO KOTA LANGSA

Rizki Hidal Muwahhid (2022), STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN KAMBING PERANAKAN ETAWA (CAPRA AEGAGRUS HIRCUS) MILIK BUMG DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN LANGSA BARO KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal serta merumuskan strategi pengembangan usaha peternakan kambing peranakan etawa (Capra aegagrus hircus) milik BUMG di Desa Karanganyar Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan data dengan survei menggunakan kuesioner serta penentuan responden dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan matriks EFE, matriks IFE dan matriks SWOT untuk menganalisis faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan faktor internal (kekuatan dan kelemahan). Hasil penelitian menggunakan matriks SWOT adalah strategi S - O (Strengths - Opportunities) yaitu menambahkan jumlah ternak kambing untuk meningkatkan produksi susu kambing, menambah jumlah ternak indukan jantan untuk proses breeding yang lebih optimal, memanfaatkan pakan substitusi seperti ampas tahu untuk mendampingi pakan hijauan sebagai pakan utama dan memanfaatkan limbah kambing untuk dijadikan pupuk organik.

Kata kunci : Analisis SWOT, Kambing Etawa, Strategi Pengembangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rizki Hidal Muwahhid
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 14-09-2022 10:34
Terakhir diubah : 22-09-2022 14:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3276
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!