IDENTIFIKASI UPAYA GURU DALAM MENYEDIAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 LANGSA

Sita Bella (2022), IDENTIFIKASI UPAYA GURU DALAM MENYEDIAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mendidik generasi penerus bangsa
agar memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi sesuai dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi serta memiliki kemampuan yang dapat membekali
hidupnya di masyarakat. Guru merupakan faktor yang mempengaruhi berhasil
tidaknya proses belajar mengajar, Guru sebagai pendidik merupakan faktor
terpenting dalam proses pembelajaran karena guru yang akan berhadapan
langsung dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Media
pembelajaran juga merupakan komponen pembelajaran yang meliputi bahan dan
peralatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam
menyediakan media pembelajaran sejarah dan mengetahui kendala guru dalam
menyediakan media pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan adalah Jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif, Subjek yang diteliti
adalah guru bidang studi pendidikan sejarah di SMA Negeri 5 Langsa yang terdiri
dari 4 orang guru, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah
Identifikasi upaya guru dalam menyediakan media pembelajaran sejarah.
instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan diperoleh hasil
beberapa guru di SMA Negeri 5 Langsa ini telah berupaya dalam menyediakan
media pembelajaran seperti memanfaatkan media yang sudah disediakan oleh
sekolah seperti sumber belajar seperti buku serta memanfaatkan alat yang ada
dilingkungan sekolah seperti atlas atau peta. serta membuat media pembelajaran
sendiri seperti media audio visual yang guru sejarah ambil dari internet kemudian
diedit sesuai dengan materi yang akan diajarkan. dan melakukan pencarian
melalui internet serta mengikuti pelatihan yang dibuat oleh Kemendikbud
mengenai proses pembelajaran sejarah yang membuat guru akan lebih terampil
dalam menggunakan media dan mengoperasikannya. Kendalanya yaitu beberapa
guru belum maksimal dalam menggunakan teknologi sehingga belum optimal
dalam menggunakan media pembelajaran sejarah.

Kata kunci : Identifikasi, Pendidikan, Media Pembelajaran

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sita Bella
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 13-09-2022 13:29
Terakhir diubah : 14-09-2022 14:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3270
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!