PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTU SNAP CUBES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SD NEGERI 2 LANGSA

Risky Asha Maulidia (2022), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTU SNAP CUBES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SD NEGERI 2 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi adanya hasil belajar siswa yang rendah pada muatan pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam menggunakan inovasi pembelajaran dan media pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran take and give berbantu snap cubes. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dari Saur Tampubolon. Subjek penelitian tindakan kelas ini merupakan siswa kelas I SD Negeri 2 Langsa dengan jumlah 10 orang. Hasil penelitian pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, Pada siklus I rata-rata aspek kognitif adalah 51,5; afektif 66,5; dan psikomotorik 60. Kemudian siklus II nilai rata-rata aspek kognitif ialah 69, afektif 81,4 dan psikomotorik 77,1. Siklus III nilai rata-rata aspek kognitif meningkat menjadi 89, afektif 95,8, dan psikomotorik 96,5. Saran dari hasil penelitian ini adalah, kepada kepala sekolah diharapkan dapat membimbing guru dalam menerapkan serta mengembangkan inovasi terkait model pembelajaran dan media pembelajaran, kepada guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan inovasi pembelajaran yang melibatkan siswa salah satunya model Pembelajaran take and give dan media manipulatif snap cubes yang dapat juga digunakan untuk materi matematika lainnya, dan kepada siswa untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi inovasi pembelajaran terbaru kedepannya seperti model take and give dan Media snap cubes.


 


 

Kata kunci : Model Pembelajaran take and give, Media manipulatif snap cubes, Hasil belajar matematika.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Risky Asha Maulidia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 08-09-2022 12:51
Terakhir diubah : 10-10-2022 15:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3253
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!