ANALISIS NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) YANG TERKANDUNG DALAM CERITA CUT NYAK DHEIN

Ely Sapriani (2022), ANALISIS NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) YANG TERKANDUNG DALAM CERITA CUT NYAK DHEIN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan usaha dasar dan terencana untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah direncanakan, mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan pendidikan atau akhlak mulai pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, keterampilan, masyarakat, bangsa dan Negara. Sehubungan dengan itu Program Penguatan Pendidikan Karakter ini ingin memperkuat karakter siswa yang selama ini dilakukan dibanyak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai penguatan pendidikan karater yang terkandung dalam cerita Cut Nyak Dhein. Tujuan penelitian ini dalah untk mengetahui nilai-nilai penguatan pendidikan karakter yang terdapat dalam buku cerita Cut Nyak Dhein Pahlawan Wanita Aceh.
Metode yang digunakan adalah analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, selanjutnya teknik analisis data model Margaret R. Roller dan Paul J. Lavrakas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa di dalam buku cerita Cut Nyak Dhein Pahlawan Wanita Aceh ditemukan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter sebagaiberikut: 1) nilai Religius, 2) nilai Nasionalis, 3) nilai Gotong Royong dan 5) nilai integritas. Ada pun saran-saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini kepada Guru, diharapkan dapat memanfaatkan buku cerita Cut Nyak Dhein Pahlawan Wanita Aceh yang sesuai dengan dengan materi yang diajarkan sehingga memudahkan dalam menanamkan nilai karakter siswa di kelas, dan juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.

Kata kunci : Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter, Cerita.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ely Sapriani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 05-09-2022 10:40
Terakhir diubah : 27-10-2022 10:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3241
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!