ANALISIS PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ACEH TAMIANG

Dwi Ayu Puspita Sari (2022), ANALISIS PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi sektor publik dengan menggunakan metode balanced scorecard pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Tamiang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif variabel dalam penelitian ini dideskripsikan sebagai hasil penelitian yang berdasarkan dengan analisis pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil analisis pengukuran kinerja pada RSUD Aceh Tamiang dinilai baik dan mencapai skor 1,25. Kemudian hasil pengukuran pada perspektif pelanggan dinilai kurang baik hanya mencapai skor 0,25. Selanjutnya hasil pengukuran pada perspektif bisnis internal juga dinilai kurang baik dan hanya mencapai skor 0,15. Kemudian hasil pada pengukuran kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dinilai baik dan mencapai skor 1.


 

Kata kunci : Pengukuran kinerja, Rumah Sakit Umum Daerah, Metode Balanced Scorecard

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dwi Ayu Puspita Sari
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2022)
Tanggal disimpan : 17-08-2022 17:52
Terakhir diubah : 24-08-2022 10:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3199
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!