ANALISIS EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI PADA USAHA BUDIDAYA IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS, L) DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG

Elcha Haikal (2022), ANALISIS EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI PADA USAHA BUDIDAYA IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS, L) DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kabupaten Aceh Tamiang merupakan salah satu wilayah yang sangat potensial dalam kegiatan budidaya ikan bandeng, khususnya di Kecamatan Seruway dimana tambak ikan bandeng sudah ada sejak puluhan tahun lalu sampai hingga saat ini. Efisiensi merupakan banyaknya hasil produksi fisik yang dapat diperoleh dari kesatuan faktor produksi atau input. Modal sangat penting, pemilihan lokasi lahan, pemupukan, pengapuran, bibit bandeng (nener) dan tenaga kerja dapat berpengaruh terhadap produksi ikan bandeng. Tujuan penelitian untuk menganalisis efisiensi penggunaan faktor produksi luas tambak, pupuk, kapur, bibit dan tenaga kerja pada usaha budidaya ikan bandeng (Chanos chanos, L) di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan sampling jenuh dimana populasi pengusaha budidaya ikan bandeng yang berjumlah 25 orang yang terdapat di Kecamatan Seruway semuanya dijadikan sampel penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif fungsi produksi Cobb-Douglas. Hasil penelitian penggunaan faktor produksi luas lahan pada usaha budidaya ikan bandeng belum efisien dari sisi efisiensi harga, penggunaan faktor produksi pupuk Urea pada usaha budidaya ikan bandeng sudah efisien dari sisi efisiensi harga, penggunaan faktor produksi pupuk Ponska pada usaha budidaya ikan bandeng tidak efisien dari sisi efisiensi harga, penggunaan faktor produksi kapur pada usaha budidaya ikan bandeng belum efisien dari sisi efisiensi harga, penggunaan faktor produksi bibit pada usaha budidaya ikan bandeng belum efisien dari sisi efisiensi harga dan penggunaan faktor produksi tenaga kerja pada usaha budidaya ikan bandeng tidak efisien dari sisi efisiensi harga.


 

Kata kunci : Ikan Bandeng, Faktor Produksi, Produksi, Efisiensi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Elcha Haikal
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2022)
Tanggal disimpan : 16-08-2022 16:08
Terakhir diubah : 19-08-2022 16:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3198
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!