IDENTIFIKASI DAN DOMINANSI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI TAMBAK SUNGAI PAUH PUSAKA LANGSA, ACEH

Mulyana (2022), IDENTIFIKASI DAN DOMINANSI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI TAMBAK SUNGAI PAUH PUSAKA LANGSA, ACEH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Salah satu jenis biota yang dibudidayakan di Indonesia adalah udang vaname (Litopenaeus vannamei). Udang vaname termasuk dalam jenis udang impor dan memiliki beberapa keunggulan, di antaranya resisten terhadap penyakit, kualitas air yang rendah, toleransi terhadap kepadatan yang tinggi dan mampu tumbuh baik dengan pakan rendah protein. Terdapat beberapa masalah yang mengganggu, sehingga menghambat perkembangan usaha budidaya, yaitu hama dan penyakit ikan salah satunya ektoparasit. Tujuan Penelitian ini Untuk mengentahui jenis ektoparasit dan mengukur prevalensi ektoparasit yang menyerang udang vannamei (Litopenaeus vannamei) di tambak Sungai Pauh Pusaka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan deskriptif analitik. Hasil penelitian yang diperoleh ada tiga jenis spesies ektoparasit yang menyerang udang vannamei yang dibudidayakan di tambak sungai pauh pusaka yaitu parasit Zoothamnium sp., Epistylis sp. dan Vorticella sp. ektoparasit ditemukan pada organ karapas, kaki jalan, kaki renang dan sirip ekor. Sampel udang vannamei ini diambil dari 3 tambak lokasi yang berbeda dengan tingkat dominansi ektoparasit yang tertinggi yaitu pada parasit Vorticella sp. sebesar 58% Epistylis sp. 21% dan Zoothamnium sp. 20%. Hal ini menandakan bahwa Vorticella sp. ditemukan paling banyak dari total ektoparasit lainnya yang ditemukan pada udang vanname. Hasil parameter kualitas air dari 3 lokasi tambak rata menujukkan bahwa suhu berkisar antara 29,6–31,2â—¦C, pH 7,07-7,18, salinitas 17,4-36,1 ppt, oksigen terlarut (DO) 3,0-4,2 mg/l, nitrat (NO3) 0,02-0,04 mg/l, nitrit (NO2) 0,02-0,04 mg/l dan Amoniak (NH3N) 0,50 mg/l.

Kata kunci : Ektoparasit, udang vannamei, Prevalensi, Kualitas air

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mulyana
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2022)
Tanggal disimpan : 05-08-2022 10:38
Terakhir diubah : 08-08-2022 15:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3166
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!