PENGARUH INOVASI, EKUITAS MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SAMUDRA)

Evrizal Tumangger (2022), PENGARUH INOVASI, EKUITAS MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SAMUDRA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, ekuitas merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo pada Mahasiswa Universitas Samudra. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan menggunakan rumus unknown population sehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persamaan regresi linear berganda dan uji hipotesis yang menggunakan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 2,857 + 0,193X1 + 0,196X2 + 0,262X3 artinya konstanta sebesar 2,857 menunjukkan nilai dari keputusan pembelian sebelum dipengaruhi variabel inovasi, ekuitas merek, dan kualitas produk. Hasil uji t diketahui variabel inovasi (X1) dengan nilai tsig sebesar 0,170 > 0,05 tidak  berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel ekuitas merek (X2) dengan nilai tsig sebesar 0,129 > 0,05 tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas produk (X3) dengan nilai tsig sebesar 0,018 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil Uji F diketahui nilai Fsig sebesar 0,000 < 0,05, artinya inovasi, ekuitas merek, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Smartphone Oppo pada mahasiswa Universitas Samudra. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan kontribusi variabel inovasi, ekuitas merek, dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian produk Smartphone Oppo pada mahasiswa Universitas Samudra sebesar 0,382 atau sama dengan 38,2%, sementara sisanya dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini seperti atribut produk, diferensiasi produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan.

Kata kunci : Inovasi, Ekuitas Merek, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Evrizal Tumangger
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2022)
Tanggal disimpan : 26-07-2022 16:54
Terakhir diubah : 28-07-2022 19:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3107
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!