PENGARUH DJAMALUDDIN ADINEGORO DALAM PERKEMBANGAN PERS MASA KOLONIAL BELANDA (1932-1942)

Roro Ajeng Apriyani (2022), PENGARUH DJAMALUDDIN ADINEGORO DALAM PERKEMBANGAN PERS MASA KOLONIAL BELANDA (1932-1942) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sosok Djamaluddin gelar Datuk Maradjo Sutan atau akrab dipanggil Adinegoro merupakan wartawan sekaligus sastrawan Indonesia asal Sumatra Barat yang dikenal sebagai tokoh yang gencar memperjuangkan membangkitkan kesadaran pemuda bangsa Indonesia lewat media surat kabar (pers) demi terwujudnya negara merdeka. Hal ini erat kaitannya dengan perjuangannya dalam membela kaum bangsa sendiri. Pemikiran dan perjuangannya didedikasikan menjadi seorang Jurnalis Indonesia untuk kaum pemuda Indonesia. Tentunya melalui tulisan karya hasil ciptaannya. Ini harus ia lakukan demi mengubah kesadaran untuk mengangkat semangat nasionalisme penggerak terhadap perlakuan tidak pantas yang selama ini mereka terima disebabkan oleh pemerintah kolonial Belanda.


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji latar belakang masuknya Djamaluddin Adinegoro dalam pergerakan pers Indonesia serta mengkaji tentang isi tulisan Djamaluddin Adinegoro terhadap pemerintah kolonial Belanda tahun 1932-1942. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan historis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tulisan-tulisan Djamaluddin Adinegoro telah berhasil melahirkan kesadaran politik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, untuk dapat lebih maju dan tidak mudah dibodohi karena kurang informasi. Besarnya pengaruh bacaan tulisan Djamaluddin Adinegoro mampu membimbing pemuda Indonesia dalam kesadaran berbangsa dan merangsang lahirnya semangat pergerakan nasional Indonesia di abad ke-20.Tindakan Adinegoro seharusnya menjadi cermin bagi jurnalis muda Indonesia saat ini. Tulisan yang dhasilkan haruslah memiliki nilai guna yang bermanfaat bagi setiap pembaca. Tidak hanya menambah ilmu pengetahuan melainkan menjadi alat bagi tumbuhnya kesadaran semangat nasionalisme bagi pemuda Indonesia.


 

Kata kunci : Pers, Djamaluddin Adinegoro, kolonial Belanda

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Roro Ajeng Apriyani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 25-07-2022 11:19
Terakhir diubah : 25-07-2022 17:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3091
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!