ANALISIS PEKERJAAN ALTERNATIF NELAYAN DESA PESISIR (STUDI KASUS :DESA KUALA GEBANG, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN LANGKAT)

Nurhadian Syahputra (2022), ANALISIS PEKERJAAN ALTERNATIF NELAYAN DESA PESISIR (STUDI KASUS :DESA KUALA GEBANG, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN LANGKAT). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu untukmenganalisis pekerjaan alternatif dari berbagai aspek  nelayan yang berada di Desa Kuala Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Metode analisis yang digunakan Teknik analisis data yang digunakan, ialah analisis deskriptif kualitatif. Mata pencahariaan lain selain sebagai nelayan adalah kuli bangunan, buruh serabutan, pedagang, pengerajin perahu, dan tukang ojek. Nelayan yang melakukan pekerjaan sebagai kuli bangunan berjumlah 8 orang, buruh serabutan berjumlah 4  orang, pedagang berjumlah sebanyak 14 orang, pengerajin perahu berjumlah 3 orang, tukang ojek 1 orang. Pekerjaan alternatif dilakukan untuk menambah pendapatan rumah tangga nelayan di Desa Kuala Gebang. Dapat disimpulkan bahwa Rata-rata pendapatan nelayan dari pekerjaan alternatif yang dilakukan sebesar Rp.1.912.000/bulan sedangkan pendapatan dari pekerjaan pokok sebagai nelayan rata-rata sebesar Rp.2.271.00/bulannya. Pekerjaan alternatifyang dilakukan nelayan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kontribusi pendapatan dari pekerjaan alternatif yang dilakukan nelayan rata-rata per bulannya 39,61% (dalam tingkatan sedang). Pendapatan yang diperoleh oleh nelayan dari pekerjaan alternatif yang dilakukan sangat membantu untuk pendapatan rumah tangga nelayan. Saran penelitian nelayan seharusnya tidak terpaku oleh 1 pekerjaan alternatif saja, karna terdapat tempat wisata yang bisa dimanfaatkan oleh nelayan sebagai tambahan untuk mencukupi kehidupan keluarga, dan Pemerintah sebaiknya lebih memperhatikan kehidupan nelayan yang berada dipesisir dengan mengadakan bimbingan ataupun program-program yang dapat membatu nelayan mencukupi kehidupan mereka, dan Pemerintah lebih memperhatikan akses jalan dari desa nelayan tersebut untuk dapat ke kota.

Kata kunci : Kontribusi, Pendapatan, PekerjaanAlternatif.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurhadian Syahputra
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 21-07-2022 15:48
Terakhir diubah : 22-07-2022 22:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3076
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!