ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA PEMETIK TEH DI PUSAT PENELITIAN TEH DAN KINA KABUPATEN SIMALUNGUN

ROKI SAGUTRAY SIMANGUNSONG (2022), ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA PEMETIK TEH DI PUSAT PENELITIAN TEH DAN KINA KABUPATEN SIMALUNGUN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor usia, pengalaman kerja, dan jenis kelamin terhadap produktivitas kerja pemetik teh. Penelitian ini dilakukan di Kebun PPTK Laut Tawar Kabupaten Simalungun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey, dengan metode penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 40 responden. Untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja pemetik teh di Pusat Penelitian Teh dan Kina Kabupaten Simalungun digunakan analisis statistik dengan metode uji asumsi klasik, linier berganda, dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan software komputer SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independent yaitu usia (X1), pengalaman kerja (X2) dan jenis kelamin (D1 ) secara simultan, berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent yaitu produktivitas kerja (Y). Hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa nilai koefisien determinasi dalam Adjusted R Square adalah sebesar 0,229 yang berarti Usia (X1), Pengalaman Kerja (X2), dan Jenis Kelamin (D1),  secara serempak dapat mempengaruhi variabel produktivitas (Y) adalah sebesar 22,9%. Dan hasil pada uji t menunjukkan bahwa dari variabel usia (X1), pengalaman kerja (X2) dan jenis kelamin (D1) hanya variabel jenis kelamin (D1) yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja (Y).

Kata kunci : Produktivitas, Tenaga Kerja, Teh

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ROKI SAGUTRAY SIMANGUNSONG
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 21-07-2022 10:35
Terakhir diubah : 22-07-2022 19:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3065
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!