ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG (ZEA MAYS L) DI KECAMATAN DARUL HASANAH KABUPATEN ACEH TENGGARA

Mamang Sari (2022), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG (ZEA MAYS L) DI KECAMATAN DARUL HASANAH KABUPATEN ACEH TENGGARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani jagung (Zea mays L) di Kecamatan Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara. Metode penentuan sampel dengan menggunakan teknik sampling yaitu probability sampling sebanyak 62 responden yang terdiri dari 8 desa dengan metode simple random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan menggunakan software komputer SPSS 22. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi), analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji parsial/uji t, uji simultan/uji F dan uji adjusted R Square2). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengalaman (X1), pengetahuan (X2), sikap (X3), keterampilan (X4) dan luas lahan (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan usahatani jagung (Zea mays L) di Kecamatan Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara.

Kata kunci : jagung, pertani dan pendapatan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mamang Sari
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 19-07-2022 10:05
Terakhir diubah : 27-07-2022 11:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3028
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!