KONTRIBUSI TENAGA KERJA WANITA PADA USAHA HOME INDUSTRY EMPING MELINJO TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA TEBING TANJUNG SELAMAT, KECAMATAN PADANG TUALANG, KABUPATEN LANGKAT

LAILI AZUENI VICESTA (2022), KONTRIBUSI TENAGA KERJA WANITA PADA USAHA HOME INDUSTRY EMPING MELINJO TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA TEBING TANJUNG SELAMAT, KECAMATAN PADANG TUALANG, KABUPATEN LANGKAT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pendapatan tenaga kerja wanita pada usaha home industry emping melinjo dalam meningkatkan pendapatan keluarga dan menganalisis kontribusi pendapatan tenaga kerja wanita pada usaha home industry emping melinjo terhadap pendapatan keluarga di Desa Tebing Tanjung Selamat, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Tebing Tanjung Selamat, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat dengan pertimbangan daerah tersebut merupakan tempat home industry emping melinjo. Data primer diproleh dengan cara wawancara dan kuesioner langsung dengan responden. Dalam penelitian ini banyaknya sampel yaitu 21 tenaga kerja wanita yang bekerja pada usaha home industry emping melinjo yang telah berumah tangga. Adapun penentuan jumlah sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan metode sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk keterlibatan tenaga kerja wanita pada usaha home industry emping melinjo dan kontribusi pendapatan yang diproleh dari tenaga kerja wanita. Hasil penelitian menunjukan bahwa ; 1) Rata-rata pendapatan yang diperoleh tenaga kerja wanita setiap bulan sebesar Rp. 655.429/Bulan. Pendapatan ini jauh dibawah UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) Kabupaten Langkat yaitu sebesar Rp. 2.711.000. Namun pendapatan ini dianggap sangat membantu perekonomian keluarga 2) Kontribusi pendapatan tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga adalah 26% artinya kontribusi pendapatan tenaga kerja wanita berdasarkan skala interval kontribusi termasuk dalam kriteria kontribusi sedang (20,00-30,00%).

Kata kunci : Keterlibatan wanita, Kontribusi pendapatan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : LAILI AZUENI VICESTA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 18-07-2022 11:29
Terakhir diubah : 21-07-2022 10:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3019
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!