ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PEMANEN KARET (HEVEA BRASILIENSIS) DI KSO PTPN III KEBUN KARANG INONG KECAMATAN RANTAU PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Nurhaliza (2022), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PEMANEN KARET (HEVEA BRASILIENSIS) DI KSO PTPN III KEBUN KARANG INONG KECAMATAN RANTAU PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh faktor umur, tingkat pendidikan, masa bekerja (pengalaman) dan jumlah tanggungan terhadap produktivitas kerja karyawan pemanen karet di KSO PTPN III Kebun Karang Inong. Metode penentuan sampel dengan menggunakan teknik sampling yaitu Probability Sampling sebanyak 42 responden dan perafdeling terdiri dari 7 responden dengan metode Simple Random Sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Berganda, menggunakan Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Multikolinearitas dan Heterokedastisitas) dan Uji Hipotesis (uji f, uji t dan uji R^2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak adanya pengaruh variabel independen (umur, tingkat pendidikan, masa bekerja dan jumlah tanggungan) terhadap variabel dependen (produktivitas kerja karyawan). Secara parsial faktor tingkat pendidikan dan masa bekerja berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja, sementara faktor umur dan jumlah tanggungan tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja.

Kata kunci : Karet, Produktivitas, Tenaga Kerja

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurhaliza
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 15-07-2022 14:52
Terakhir diubah : 15-07-2022 17:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3011
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!