ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT YANG DIMANFAATKAN OLEH MASYARAKAT DI DESA NAMO MBELIN KECAMATAN NAMORAMBE KABUPATEN DELI SERDANG

Marina Br Sembiring (2022), ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT YANG DIMANFAATKAN OLEH MASYARAKAT DI DESA NAMO MBELIN KECAMATAN NAMORAMBE KABUPATEN DELI SERDANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tumbuhan obat merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang diwarisi budaya berdasarkan pengalaman turun-temurun. Pemanfaatan tanaman obat telah banyak dilakukan oleh masyarakat di desa Namo Mbelin Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah spesies tumbuhan berkhasiat obat, bagian tumbuhan dan cara pemanfaatan dan pola pengobatan tradisional oleh masyarakat di Desa Namo Mbelin Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis data menggunakan kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu memilih 9 informan. Hasil penelitian etnobotani tumbuhan berkhasiat obat ditemukan 108 spesies dalam 52 famili. Spesies tumbuhan yang ditemukan masing-masing memiliki manfaat dalam mengobati suatu penyakit, beberapa spesies diantaranya mengobati penyakit batuk yaitu dengan menggunakan jahe (Zingiber officinale). Berdasarkan perhitungan Plant Part Use diketahui pemanfaatan tumbuhan tertinggi yaitu daun (47,15%) dan terendah digunakan getah (2,36%) dan batang (2,36%). Cara pengolahan tumbuhan tertinggi dengan cara direbus (34,18%) dan terendah digunakan dengan dipanggang (0,72%) dan dikukus (0,72%). Cara penggunaan tumbuhan tertinggi dengan cara diminum (42,90%) dan terendah dihisap (0,36%) dan direndam (0,36%).

Kata kunci : Etnobotani, Namo Mbelin, dan Tumbuhan Obat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Marina Br Sembiring
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 05-07-2022 09:38
Terakhir diubah : 23-07-2022 15:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2934
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!