PENGARUH MEDIA TANAM DAN ZPT TELUR KEONG MAS (POMACEACANALICULATA LAMARCK) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA)

Sandri Pratama Siregar (2022), PENGARUH MEDIA TANAM DAN ZPT TELUR KEONG MAS (POMACEACANALICULATA LAMARCK) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan Media Tanam dan dosis ZPT telur keong mas terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis serta interaksi dari kedua perlakuannya. Penelitian ini telah dilaksanakan dilahan milik masyarakat gampong Siderjo Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa dengan ketinggian tempat ± 5 M dpl. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kekompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari dua faktor, yaitu Faktor Media Tanam (M) yang terdiri dari 4 taraf yaitu M1 : Tanah Top Soil (Kontrol), M2 : Tanah Top Soil  + pasir (2:1), M3 : Tanah Top Soil + pupuk kandang ayam (2:1), M4  : Tanah Top Soil + arang sekam padi (2:1), M5 : Tanah Top Soil + Kompos (2:1) dan Faktor dosis ZPT Telur Keong Mas (Z) yang terdiri dari 4 taraf yaitu Z0 :Kontrol, Z1 : 10 ml/1 air, Z2 : 20 ml/1 air dan Z3 : 30 ml/1 air.


Untuk menggambarkan pertumbuhan jagung dilakukan pengamatan terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, rata-rata bobot tongkol berkelobot per tanaman, rata-rata bobot tongkol tanpa kelobot per tanaman, panjang tongkol, diameter tongkol, rata-rata produksi per plot dan rata-rata produksi per hektar


Media Tanam berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman jagung umur 45 HST, jumlah daun umur 45 HST, bobot tongkol berkelobot dan bobot tongkol tanpa kelobot, panjang tongkol, diameter tongkol, produksi per plot dan produksi per hektar dan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman jagung umur 30 HST dan jumlah duan umur 15 dan 30 HST serta berpengaruh tidak nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 15, diameter batang 15, 30 dan 45 HST. Hasil pengamatan terbaik diperoleh pada perlakuan M3 (Tanah Top Soil + pupuk kandang ayam (2:1)).


ZPT keong Mas berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman jagung umur 30 dan 45 HST, jumlah daun umur 15, 30 dan 45 HST, diameter batang umur 15 dan 45 HST, bobot tongkol berkelobot dan bobot tongkol tanpa kelobot, panjang tongkol, diameter tongkol, produksi per plot dan produksi per hektar dan berpengaruh nyata terhadap diameter batang tanaman jagung umur 30 HST serta berpengaruh tidak nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 15 HST. Hasil pengamatan terbaik diperoleh pada perlakuan Z3 (30 ml/1 air).


Interaksi  antara Media Tanam dan ZPT keong Mas berpengaruh nyata terhadap parameter produksi per plot dan produksi per hektar dan tidak bepengaruh nyata terhadap parameter lainnya. Hasil pengamatan terbaik diperoleh pada perlakuan M3 Z3 (Tanah Top Soil + pupuk kandang ayam dan ZPT telur keong Mas dengan dosis 30 ml/1 air).


Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan jagung terbaik disarankan menggunakan media Tanah Top Soil + pupuk kandang ayam dan ZPT telur keong Mas dengan dosis 30 ml/1 air.

Kata kunci : Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis, Media Tanam dan ZPT Telur Keong Mas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sandri Pratama Siregar
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 16-06-2022 16:23
Terakhir diubah : 18-06-2022 14:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2858
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!