ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DENGAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KURIKULUM 2013

Adek diana hasibuan (2022), ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DENGAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KURIKULUM 2013 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada kurikulum 2013, pemerintah menyediakan buku pegangan masing-masing bagi guru dan siswa yaitu buku tematik satu buku disetiap tema dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Buku pegangan tersebut dianggap telah memenuhi standar dan menjadi buku wajib sumber belajar disekolah.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian dalam buku guru dengan buku siswa kelas iv sd/mi tema selalu berhemat energi kurikulum 2013.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian kesesuaian buku guru dengan buku siswa kelas iv sd/mi tema selalu berhemat energi kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Lavrakas.


Hasil yang didapat berdasarkan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat kesesuaian dalam buku guru dengan buku siswa kelas iv sd/mi tema selalu berhemat energi kurikulum 2013. Dalam penelitian ini ada 7 indikator yang dianalisis antara lain: SKL, KI, KD, Kecukupan Materi, Kedalaman Materi, Pendekatan Saintifik, dan Penilaian autentik. Secara keseluruhan bisa dikatakan sudah sesuai namun masih perlu perbaikan dalam beberapa hal.


Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan pembelajaran.

Kata kunci : Kesesuaian buku guru, buku siswa tema 2 kelas IV.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Adek diana hasibuan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 16-06-2022 11:30
Terakhir diubah : 17-10-2022 15:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2852
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!