PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SEJARAH LOKAL PERJUANGAN MASYARAKAT ALAS DALAM MELAWAN KOLONIAL BELANDA PADA MATERI ACEH BERJIHAD KELAS XI IPS SMA NEGERI SEMADAM KABUPATEN ACEH TENGGARA

Syahrul Aprianda (2022), PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SEJARAH LOKAL PERJUANGAN MASYARAKAT ALAS DALAM MELAWAN KOLONIAL BELANDA PADA MATERI ACEH BERJIHAD KELAS XI IPS SMA NEGERI SEMADAM KABUPATEN ACEH TENGGARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar serta untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis sejarah lokal perjuangan masyarakat Alas dalam melawan kolonial Belanda pada materi Aceh berjihad kelas XI IPS SMA Negeri Semadam Kabupaten Aceh Tenggara. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengembangan ini dilakukan melalui 10 langkah pengembangan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi massal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis sejarah lokal perjuangan masyarakat Alas dalam melawan kolonial Belanda untuk peserta didik SMA Negeri Semadam kelas XI IPS. Untuk melihat kelayakan produk bahan ajar yang dibuat adalah sebagai berikut: penilaian ahli materi pada validasi tahap pertama memperoleh skor rata – rata 3,90 dikonversikan berdasarkan skala yaitu 3 maka secara keseluruhan dinyatakan cukup, selanjutnya pada validasi tahap kedua oleh ahli materi memiliki hasil rata – rata 4,09 dikonversikan berdasarkan skala yaitu 4 dinyatakan baik. Penilaian ahli media pada validasi tahap pertama memperoleh skor rata – rata 3,37 dikonversikan berdasarkan skala yaitu 3 dinyatakan cukup, selanjutnya pada validasi tahap kedua oleh ahli media memiliki hasil rata – rata 4,62 dikonversikan berdasarkan skala yaitu 4 dinyatakan baik. Uji coba terhadap siswa dengan uji coba kelompok kecil tahap awal yaitu memiliki hasil rata – rata 3,03 bila dikonversikan pada skala 3 yaitu cukup, selanjutnya uji coba kelompok kecil tahap lanjutan memiliki hasil rata – rata 4,10 bila dikonversikan pada skala 4 yaitu baik, dan uji coba pemakaian seacara luas yaitu memiliki nilai rata – rata 4,10 dan bila dikonversikan berdasarkan skala 4 yaitu baik. Dari hasil penilaian tersebutlah maka bahan ajar ini dinyatakan layak digunakan.

Kata kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Sejarah Lokal, Perjuangan Masyarakat Alas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Syahrul Aprianda
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 09-06-2022 10:48
Terakhir diubah : 17-06-2022 16:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2827
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!