ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU SISWA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Arika elsa lovina s.pandia (2021), ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU SISWA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Buku Siswa berperan penting dalam pendidikan karena salah satu sumber atau pedoman dalam proses belajar mengajar adalah buku teks siswa. Di dalam proses pembelajaran buku teks siswa salah satu pedoman dalam mengerjakan soal-soal. Salah satu manfaat buku teks adalah merangsang peserta didik untuk berpikir kritis. jadi buku teks sangat berperan penting dalam membentuk keterampilan berpikir tingkat tinggi agar peserta didik dapat bersaing di era globalisasi ini.


Tujuan penelitian ini ialah bagaimanakah tingkat kognitif soal pada buku  siswa tema indahnya kebersamaan  kelas IV berdasarkan taksonomi bloom ni. Penelitian ini bermanfaat untuk sebagai acuan menyusun kegiatan pembuataan soal pada buku siswa khususnya kesesuaian soal pada penilaian kognitif sebagai bahan ajar yang layak untuk peserta didik.


Metode penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Untuk mentode pengumpulan data yaitu menggunakan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Taksonomi Bloom. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah soal kognitif pada buku tema indahnya kebersamaan kelas IV.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan , dapat di simpulkan bahwa dari 103 soal kognitif yang ada pada buku siswa tema indahnya kebersmaan kelas IV terdapat 21 soal tingkat level kognitif mengingat (C1),  61 soal level tingkat kognitif memahami (C2) , terdapat 18 soal tingkat level kognitif menerapkan (C3), terdapat 1 soal level kognitif menganalisis (C4) , tidak terdapat  soal kognitif level mengevaluasi (C5), terdapat 2 soal kognitif level menciptakan (C6)


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Sekolah , guru  harus lebih teliti dalam pembuatan soa-soal. Karena soal-soal tersebut adalah salah satu acuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik.dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam lagi tentang tingkat level kognitif yang terdapat dalam buku siswa

Kata kunci : Soal Kognitif, tingkat kognitif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Arika elsa lovina s.pandia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 03-06-2022 07:41
Terakhir diubah : 16-08-2022 16:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2795
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!