PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS X DI SMK NEGERI 5 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DIANA ROSLINA (2021), PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS X DI SMK NEGERI 5 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran agar mendapatkan hasil yang optimal. Dalam menggunakan model disaat pembelajaran berlangsung dapat menarik perhatian siswa, dan guru mudah berintraksi. selain itu, Model pembelajaran juga dapat membuat siswa memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas X Di SMK Negeri 5 Kota Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020, Untuk Mengetahui besar Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas X Di SMK Negeri 5 Kota Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas X SMK Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 39 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian diambil sebanyak 2 kelas yang diambil random sampling sehingga terpilih siswa kelas X ATU sebagai kelas yang menggunakan konvensional dan kelas X ATPH yang menggunakan model role playing. Tidak terdapat pengaruh model role playing terhadap hasil belajar pada materi sistem pernapasan kelas X SMK Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2019/2020, dibuktikan dengan thitung ≤ ttabel (1,169 ≤ 2,110). Besarnya pengaruh Model Role Playing terhadap hasil belajar pada materi Sistem Pernapasan kelas X SMK Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 1,169. Disarankan kepada guru biologi untuk menggunakan Model pada materi biologi yang lain disetiap proses pembelajaran. Seorang guru harus pandai dan tepat dalam menggunakan model agar meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya yakni dengan menggunakan model belajar dalam setiap proses pembelajaran.

Kata kunci : Model role playing, Hasil belajar siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DIANA ROSLINA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 20-05-2022 10:51
Terakhir diubah : 06-06-2022 11:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2785
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!