ANALISIS DAYA DUKUNG DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) KRUENG LANGSA BERDASARKAN KRITERIA TATA AIR

Fitri Yani (2022), ANALISIS DAYA DUKUNG DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) KRUENG LANGSA BERDASARKAN KRITERIA TATA AIR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Langsa yang dilihat dari indikator tata air, dan mengevaluasi daya dukung DAS Krueng Langsa. Penelitian ini dilakukan di DAS Krueng Langsa, Kota Langsa yang dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2021.


Penelitian ini dilakukan dalam enam tahapan, yaitu: persiapan, survey lapangan dan mengumpulkan data, pengolahan data, analisis data, dan hasil penelitian. Metode analisis yang digunakan berdasarkan pada Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.61/Menhut-II/2014 tentang monitoring dan evaluasi pengelolaan Daerah Aliran Sungai berdasarkan kriteria tata air. Untuk mengetahui tata air dilakukan dengan pengamatan terhadap 5 parameter yang diamati adalah Koefisien Regim Aliran (KRA), Koefisien Aliran Tahunan (KAT), Muatan Sedimen (MS), Banjir dan Indeks Penggunaan Air (IPA). Kelima parameter ini memiliki bobot, skor, dan nilai masing-masing .


Hasil penelitian didapatkan nilai KRA sebesar 25 dengan kategori kelas sedang, nilai KAT sebesar 18,75 dengan kategori kelas rendah, nilai MS sebesar 30  dengan kategori kelas rendah, nilai banjir sebesar 15 dengan kategori sangat tinggi dan nilai IPA sebesar 20 dengan kategori kelas sedang. Total dari nilai akhir yang diperoleh dari 5 parameter yang telah diamati didapatkan nilai sebesar 108,75  yang menunjukkan bahwa daya dukung DAS Krueng Langsa berdasarkan kondisi tata air termasuk dalam  kategori kelas sedang

Kata kunci : Daya Dukung, Tata Air, Sungai Krueng Langsa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fitri Yani
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 22-04-2022 00:10
Terakhir diubah : 27-04-2022 13:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2752
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!