KUALITAS BIVALVIA BERDASARKAN UJI LOGAM BERAT TIMBAL (PB) DI PESISIR KUALA TANJUNG, KABUPATEN BATU BARA

Nurul Kholiza Priani (2022), KUALITAS BIVALVIA BERDASARKAN UJI LOGAM BERAT TIMBAL (PB) DI PESISIR KUALA TANJUNG, KABUPATEN BATU BARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kuala Tanjung merupakan suatu daerah yang terletak di Kabupaten Batu Bara, Sumatera utara. Kuala Tanjung termasuk daerah pesisir yang dikenal sebagai daerah perindustrian. Banyak biota laut yang hidup di pesisir Kuala Tanjung, salah satunya Bivalvia yaitu sebagai bioindikator kualitas perairan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui akumulasi uji logam berat timbal (Pb) pada Bivalvia, spesies Bivalvia yang terakumulasi logam berat timbal (Pb), kepadatan dan morfometri Bivalvia di pesisir Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini dilakukan di pesisir Kuala Tanjung dengan 2 stasiun yaitu Pantai Sujono dan Kawasan Pabrik pada bulan Januari 2022. Penentuan lokasi dan stasiun pengamatan dengan menggunakan metode Purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan Deskriptif pada akumulasi uji logam berat timbal (Pb), rumus kepadatan bivialvia dan mofometri dilakukan secara lagsung. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Hand collection dengan menggunakan transek sepanjang 50 m dan terdapat 4 plot pada setiap stasiun pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan tidak ditemukan logam berat timbal (Pb) pada semua spesies Bivalvia, nilai kadar logam berat timbal yaitu < 0,0001 mg/kg pada setiap spesies Bivalvia. Kepadatan Bivalvia
di pesisir Kuala Tanjung terdapat nilai kepadatan stasiun I yaitu 4,28 sedangkan pada stasiun II yaitu 1,61. Dari kedua stasiun, spesies Bivalvia yang tertinggi yaitu spesies Perna viridis dan terendah spesies Meretrix meretrix. Morfometri panjang dan lebar cangkang Bivalvia yang paling dominan pada ukuran besar (>3cm) dan yang paling sedikit pada ukuran kecil (1,0-2,0cm). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kualitas Bivalvia berdasarkan uji logam berat timbal (Pb) di pesisir Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara masih layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kata kunci : Kuala Tanjung, Bivalvia, dan Logam Berat Timbal (Pb)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurul Kholiza Priani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 19-04-2022 11:17
Terakhir diubah : 27-05-2022 11:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2735
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!