PENGARUH WAKTU APLIKASI PGPR (PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA) DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX L.)

FACHRI HAFIZ SITOMPUL (2022), PENGARUH WAKTU APLIKASI PGPR (PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA) DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI HITAM (GLYCINE MAX L.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu aplikasi PGPR dan jenis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam serta interaksi antara kedua perlakuan tersebut. Penelitian ini merupakan percobaan dalam polybag yang dilaksanakan di Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa dengan ketinggian tempat ± 5 m dpl. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari 2021 sampai dengan Juli 2021.


      Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama waktu aplikasi PGPR (W) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu W0 = tanpa aplikasi PGPR, W1 = 10 dan 20 HST dan W2 = 15 dan 30 HST. Kedua, faktor jenis pupuk kandang (K) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu K0 = tanpa pupuk kandang, K1 = pupuk kandang sapi (60 gr/polybag), K2 = pupuk kandang ayam (60 gr/polybag) dan K3 = pupuk kandang kambing (60 gr/polybag).


        Parameter yang diamati antara lain: tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah cabang produktif, jumlah polong per tanaman, berat biji kering, berat 100 biji kering dan produksi per hektar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu aplikasi PGPR berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 28 HST, jumlah cabang produktif, jumlah polong per tanaman, berat biji kering, berat 100 biji kering dan produksi per hektar. Adapun jenis pupuk kandang berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 28 HST, jumlah cabang produktif, berat biji kering, berat 100 biji kering dan produksi per hektar.


        Interaksi perlakuan waktu aplikasi PGPR dan jenis pupuk kandang berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 28 HST, sedangkan pada parameter lainnya tidak berpengaruh nyata.


       Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam yang baik dalam budidaya menggunakan polybag, disarankan mengaplikasikan PGPR pada umur tanaman 15 dan 30 HST serta menggunakan pupuk kandang kambing (W2K3) yang dilakukan secara bersamaan.

Kata kunci : Waktu Aplikasi PGPR, Pupuk Kandang, Kedelai Hitam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FACHRI HAFIZ SITOMPUL
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 15-04-2022 08:58
Terakhir diubah : 20-04-2022 15:46
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2722
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!