TEKNOLOGI SONIC BLOOM DENGAN PEMANFAATAN MUSIK MUROTTAL AL-FATIHAH PADA TANAMAN SAWI HIJAU (BRASSICA JUNCEA L.) MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

DICKI WAHYUDI HARAHAP (2022), TEKNOLOGI SONIC BLOOM DENGAN PEMANFAATAN MUSIK MUROTTAL AL-FATIHAH PADA TANAMAN SAWI HIJAU (BRASSICA JUNCEA L.) MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Salah satu hasil pertanian Indonesia adalah tanaman sayuran. Sawi hijau adalah salah satu dari berbagai jenis tanaman sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh mencatat produksi sawi pada tahun 2015 di provinsi Aceh sebanyak 3.396,4 ton. Ketersediaan sayuran sawi hijau (Brassica juncea L.) dengan permintaan yang terus meningkat setiap saatnya. Kebutuhan yang meningkat harus diimbangi dengan produktifitas dari tanamannya, untuk meningkatkan produktivitas tanaman digunakan inovasi teknologi Sonic bloom dengan metode Fuzzy Inference System Mamdani. Bekerja dengan pemaparan gelombang suara frekuensi tinggi untuk merangsang pembukaan stomata daun dan mempercepat pertumbuhan. Pada penelitian ini digunakan gelombang suara murottal Al-Fatihah, dengan perlakuan meliputi pemaparan gelombang dengan intensitas 14 dB - 68 dB dan frekuensi 43 Hz - 22006 Hz serta lama pemaparan selama 30 menit (A2), 20 menit (A1), dan terkontrol (A0). Proses penanaman sawi hijau dilakukan selama 7 minggu, dengan pemantauan setiap minggunya. Hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh pemberian frekuensi gelombang terhadap tanaman sawi hijau melalui pengukuran tinggi dan jumlah helai daun. A2 memiliki persentasi pertumbuhan tinggi 15,1% dan helai daun 37,5%. A1 memiliki persentase tinggi 11,8% dan helai daun 25%. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa tanaman sawi hijau yang di beri paparan suara lebih lama (A2) memiliki hasil yang lebih baik pada proses pertumbuhan sawi hijau.

Kata kunci : Sonic Bloom, Matlab, Sawi hijau, Brassica juncea L, Fuzzy Logic Mamdani, Al-Fatihah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DICKI WAHYUDI HARAHAP
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2022)
Tanggal disimpan : 09-04-2022 20:01
Terakhir diubah : 25-04-2022 11:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2707
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!