NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR

Devita Maulida (2022), NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Nilai pendidikan karakter sangat penting sekali ditanamkan sejak dini pada setiap individu manusia, khususnya pada anak peserta didik. Pada saat sekarang ini masih banyak peserta didik yang kurang memahami serta menerapkan betapa pentingnya nilai pendidikan karakter didalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan serta penanaman nilai pendidikan karakter juga bisa dilakukan dalam proses pemberian pembelajaran kepada peserta didik melalui membaca novel.


            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan. Pendekatan yang di gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kepustakaan (Studi Research). Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang di gunakan analisis isi (Content Analisys).


            Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan terdapat 13 nilai pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter pada novel tersebut yaitu: religius, jujur, disiplin,kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang tidak terdapat pada novel Surat Kecil Untuk Tuhan 5 nilai karakter yaitu: toleransi, mandiri, demokratis, cinta tanah air dan peduli sosial.


            Melalui penelitian ini diharapkan orang tua dan guru dan peneliti lain agar menggunakan novel sebagai alternative dalam penanaman karakter peserta didik.


 


 

Kata kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Devita Maulida
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 08-04-2022 19:22
Terakhir diubah : 29-08-2022 12:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2706
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!