DAMPAK INDUSTRI BATU BATA TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN SOSIAL DI DESA KUMBANG JAYA KECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA

Windi Ayu Sartika (2022), DAMPAK INDUSTRI BATU BATA TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN SOSIAL DI DESA KUMBANG JAYA KECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kondisi lingkungan merupakan keadaan sumber daya alam yang ada di desa kumbang jaya seperti saat ini karena adanya Keberadaan Industri Batu Bata tentunya akan membawa perubahan dan pengaruh pada mata pencaharian masyarakat setempat. Sebagaimana yang terjadi di Desa Kumbang Jaya banyak lahan beralih fungsi dari lahan pertanian menjadi kawasan industri. Hal tersebut menyebabkan perubahan mata pencaharian masyarakat, perubahan mata pencaharian ini juga dikarenakan pekerjaan dahulu tidak menjanjikan lagi, akibat kurangnya lahan pertanian dan hasilnya yang tidak tetap. Adanya industri membawa dampak positif maupun negatif baik bagi lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Bagi kehidupan sosial Industri Batu Bata cenderung membawa dampak positif seperti mengurangi tingkat pengangguran, meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat disekitar kawasan industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Dampak Industri Batu Bata Terhadap Kondisi Lingkungan Sosial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan dari hasil dari uji t yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat signifikan terhadap kondisi lingkungan sosial. Lingkungan masyarakat bernilai 0,001> 0.005 dan lingkungan keluarga bernilai 0,00>0,005 artinya berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa Variabel lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga ada pengaruh signifikan terhadap lingkungan sosial, dalam penelitian ini sebagian besar masyarakat Desa Kumbang Jaya memiliki pengetahuan yang baik tentang lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga. Ini menunjukan bahwa lingkungan memiliki pengaruh terhadap Industri Batu Bata.

Kata kunci : Dampak industri, batu bata, terhadap kondisi lingkungan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Windi Ayu Sartika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2022)
Tanggal disimpan : 23-03-2022 11:35
Terakhir diubah : 20-06-2022 15:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2647
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!