PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BUKIT

Mira Agustina (2022), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BUKIT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually adalah model yang melibatkan gerakan, berbicara, mendengarkan, melihat, mengamati, dan menggunakan kemampuan intelektual untuk berpikir. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran SAVI   pada materi ruang lingkup biologi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Bukit. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen, pendekatan kuantitatif. Populasi seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bukit (61 siswa). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 (20 siswa) sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SAVI dan kelas X MIA 2 (20 siswa) sebagai kelas kontrol menggunakan konvensional. Instrumen yang di gunakan adalah soal tertulis berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI pada materi ruang lingkup biologi terhadap hasil belajar siswa  SMA Negeri 1 Bukit dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,71 > 2,025.  Besar pengaruh hasil belajar adalah 14,55. Saran   yang dapat penulis  sampaikan  kepada  guru  biologi  agar  menggunakan model SAVI pada proses pembelajaran karna model pembelajaran ini menarik siswa untuk aktif sehingga meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.


 

Kata kunci : Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mira Agustina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 15-03-2022 12:08
Terakhir diubah : 25-03-2022 10:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2621
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!