PENGARUH SENAM KEBUGARAN JASMANI TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SDN 3 KOTA LANGSA

Jesi Riahna Ketaren (2022), PENGARUH SENAM KEBUGARAN JASMANI TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SDN 3 KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kebugaran jasmani merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung proses pembelajaran. Salah satu kegiatan siswa untuk menunjang kebugaran jasmani yaitu Senam Kebugaran Jamani (SKJ) yang dilakukan setiap minggunya.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh SKJ terhadap kebugaran jasmani siswa SDN 3 Kota Langsa dan seberapa besar pengaruh SKJ terhadap kebugaran jasmani siswa.


Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan analisis data kuantitatif serta  dilakukan di SDN 3 Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SDN 3 Kota Langsa, sampel yang dipilih adalah kelas IVA yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tahapan penelitian ini dimulai dari: pengamatan lokasi penelitian, menetapkan populasi dan sampel, pengumpulan data, pengolahan hasil penelitian, dan analisis hasil penelitian.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh SKJ terhadap kebugaran jasmani SDN 3 Kota Langsa. Dengan t0 > ttab yaitu 6,32 > 1,69, diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05. Besarnya pengaruh SKJ terhadap kebugaran jasmani siswa sebesar 6,32.


Disarankan kepada guru dan orang tua siswa untuk menjaga kebugarann jasmani siswa untuk menunjang siswa mengikuti proses belajar

Kata kunci : Kebugaran Jasmani, Senam Kebugaran Jasmani

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Jesi Riahna Ketaren
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 02-03-2022 14:00
Terakhir diubah : 06-06-2022 10:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2568
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!