ANALISIS PENGARUH SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI, SUKU BUNGA SBI, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN NILAI TUKAR TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA

Imam Arifin (2022), ANALISIS PENGARUH SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI, SUKU BUNGA SBI, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN NILAI TUKAR TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pembayaran non tunai, suku bunga SBI, pertumbuhan ekonomi, dan nilai tukar terhadap jumlah uang beredar di Indonesia secara simultan maupun parsial di tahun 2010-2020. Penelitian ini menggunakan data runtut waktu (time series) dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembayaran non tunai, suku bunga SBI, pertumbuhan ekonomi, dan nilai tukar terhadap jumlah uang beredar di Indonesia. Secara parsial sistem pembayaran non tunai berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah uang beredar di Indonesia, Sedangkan suku bunga SBI berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah uang beredar di Indonesia, kemudian pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah uang beredar di Indonesia, dan nilai tukar berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jumlah uang beredara di Indonesia. Sedangkan secara simultan sistem pembayaran non tunai, suku bunga SBI, pertumbuhan ekonomi, dan nilai tukar mempengaruhi jumlah uang beredar di Indonesia sebesar 99,99%.

Kata kunci : Jumlah Uang Beredar, Sistem Pembayaran Non Tunai, Suku Bunga SBI, Pertumbuhan Ekonomi, Nilai Tukar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Imam Arifin
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2022)
Tanggal disimpan : 25-02-2022 11:54
Terakhir diubah : 07-03-2022 16:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2562
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!