PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APLIKASI ONLINE (PLATFORM) DI MASA PANDEMI COVID-19

Lisa Mustika (2022), PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APLIKASI ONLINE (PLATFORM) DI MASA PANDEMI COVID-19 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Menindaklanjuti kebijakan pemerintah dalam hal mengurangi dampak penyebaran Covid-19, proses pembelajaran dilakukan secara online atau daring termasuk perguruan tinggi. Pembelajaran jarak jauh secara online khususnya dalam pembelajaran pada Program Studi Fisika FKIP Universitas Samudra sebagai sistem pembelajaran yang baru diterapkan sehingga mahasiswa pendidikan fisika belum semua mengerti tentang penggunaan aplikasi pembelajaran online tersebut. oleh karena itu, perlu pengkajian lebih dalam dengan melihat persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis aplikasi online (platform). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa pendidikan fisika dalam pembelajaran fisika berbasis aplikasi online (platform) dimasa Pandemi Covid-19 pada aspek pengetahuan, kesiapan, penggunaan, manfaat, dan kendala. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dimana teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 mahasiswa pendidikan fisika yang terdiri dari angkatan 2015 sampai dengan angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 69 mahasiswa pendidikan fisika yang berada pada angktan 2017, 2018, dan 2019. Berdasarkan hasil penelitian, hasil persentase rata-rata keseluruhan pada aspek pengetahuan yaitu 30,85%. Pada aspek kesiapan sebanyak 31,92%. Pada aspek penggunaan sebanyak 35,47%. Pada aspek manfaat dan kemudahan sebanyak 27,20% dan pada aspek kendala sebanyak 30,27%. Perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan aspek-aspek yang lebih luas agar penelitian tentang persepsi mahasiswa terkait pembelajaran berbasis aplikasi online (platform) ini dapat mencakup ruang lingkup yang lebih luas lagi.

Kata kunci : persepsi, pembelajaran daring, aplikasi online (platform),Covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lisa Mustika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 18-02-2022 20:32
Terakhir diubah : 14-07-2022 10:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2545
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!