UPAYA PEMBENTUKAN KAMPUNG KB DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA)

NAUFAL MURTADHA (2022), UPAYA PEMBENTUKAN KAMPUNG KB DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesejahteraan. masyarakat di Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa setelah dibentuknya kampong KB. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 7 kelompok UPPKS yang ada di Kecamatan Langsa Timur. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertumpu pada latar belakang alamiah secara holistik, memposisikan manusia sebagai, alat penelitian, melakukan analisis data secara induktif. Sedangkan metode deskriptif dipilih karena penelitian yang dilakukan dengar peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung dan berkenaan dengan kondisi masa sekarang. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pembentukan Kampung KB didasari oleh terjadinya ledakan penduduk, meningkatnya kemiskinan serta menurunnya kesebatan masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya suatu kebijakan program sebagai upaya dalam pengendalian kelahiran yaitu program keluarga berkualitas yang bertujuan menjadikan masyarakat untuk mencapai suatu kesejahteraan melalui pembentukan kampong KB. Bentuk-bentuk implementasi program kampong KB di Kecamatan Langsa Timur beiupa kegiatan-kegiatan sosialisasi dan edukasi, seperti penyuluhan dan pelatihan. Pelaksanaan program UPPKS sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga haruslah digalakkan demi meningkatkan pendapatan keluarga. Kelompok UPPKS di Kecamatan Langsa Timur melakukan peningkatan sumber daya manusia, usaha produksi dan managerial melalui pembinaan yang diberikan oleh PKB maupun Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Langsa. Mayoritas anggota kelompok UPPKS yang ada di Kecamatan Langsa Timur telah mengalami peningkatan ekonomi yang semula dari keluarga pra sejahtera menjadi keluarga Sejahtera I. Tingkat keberhasilan kelompok UPPKS ini dapat dilihat dari dua aspek yaitu bertambahnya pengetahuan dan keterampilan ibu rumah tangga, meningkatnya percaya diri dan dapat menambah penghasilan keluarga. Aspek kedua dari seai kondisi ekonomi, yaitu bertambahnya pendapatan ibu-ibu rumah tangga yang menjadi anggota UPPKS.

Kata kunci : Kampung KB, Kesejahteraan Masyarakat dan UPPKS

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NAUFAL MURTADHA
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2022)
Tanggal disimpan : 17-02-2022 17:03
Terakhir diubah : 05-04-2022 02:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2535
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!