PENGARUH KONSENTRASI ASAM SULFAT DAN TEMPERATUR KALSINASI PADA SINTESIS KATALIS NANOMONTMORILLONIT TERHADAP PRODUKSI BIODIESEL MELALUI REAKSI TRANSESTERIFIKASI CRUDE PALM OIL

WINDI ANI (2022), PENGARUH KONSENTRASI ASAM SULFAT DAN TEMPERATUR KALSINASI PADA SINTESIS KATALIS NANOMONTMORILLONIT TERHADAP PRODUKSI BIODIESEL MELALUI REAKSI TRANSESTERIFIKASI CRUDE PALM OIL. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Telah dilakukan produksi biodiesel dari Crude Palm Oil (CPO) dengan menggunakan katalis padat heterogen nanomontmorillonit (nano-MMT) yang teraktivasi asam dan terkalsinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan nano-MMT yang teraktivasi asam dan terkalsinasi sebagai katalis terhadap yield biodiesel yang dihasilkan. Konsentrasi asam sulfat (H2SO4) yang optimum untuk menghasilkan yield biodiesel paling tinggi adalah 0.5 M. Penambahan konsentrasi H2SO4 pada katalis nano-MMT menyebabkan terjadinya penurunan yield biodiesel yang dihasilkan.  Suhu kalsinasi yang optimum untuk menghasilkan yield biodiesel paling tinggi adalan 875ºC. Peningkatan suhu kalsinasi yang digunakan pada katalis nano-MMT juga menyebabkan terjadinya penurunan yield biodiesel. Berdasarkan hasil karakterisasi GC-MS diperoleh kandungan metil ester dalam produk biodiesel sebesar 100%, hal ini menandakan bahwa nano-MMT telah berhasil disintesis dengan aktivasi asam dan kalsinasi. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan nano-MMT yang teraktivasi asam dan terkalsinasi sebagai katalis mempengaruhi yield biodiesel yang dihasilkan. Semakin tinggi konsentrasi H2SO4 dan suhu kalsinasi yang digunakan, maka semakin rendah yield biodiesel yang dihasilkan.

Kata kunci : CPO, Nanomontmorillonit, Biodiesel, Aktivasi, Transesterifikasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : WINDI ANI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2022)
Tanggal disimpan : 14-02-2022 16:26
Terakhir diubah : 25-02-2022 09:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2519
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!