PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA DI SMP NEGERI 1 KUALASIMPANG

Balqis AR (2022), PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA DI SMP NEGERI 1 KUALASIMPANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan satu kemampuan matematis yang penting dan perlu dikuasai oleh siswa dalam belajar matematika. Namun pada faktanya dilapangan terdapat rata-rata siswa masih memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan aplikasi geogebra pada materi persamaan garis lurus untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Kualasimpang pada materi persamaan garis lurus setelah diterapkan pendekatan saintifik dengan aplikasi geogebra.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Kualasimpang yang berjumlah 22 siswa tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test/pasca tes.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis yang diperoleh bahwa thitung = 8,82 dan ttabel(0,05;21) = 2,07 sehingga thitung > ttabel yaitu 8,82 > 2,07 dapat disimpulkan untuk menolak  dan menerima  pada taraf signifikan 5%  bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Kualasimpang setelah diterapkan pendekatan saintifik dengan aplikasi geogebra.


Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada materi persamaan garis lurus, juga pada peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Aplikasi Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Balqis AR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 11-02-2022 14:43
Terakhir diubah : 25-03-2022 11:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2488
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!