PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP MANFAAT HAND SANITIZER UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN COVID – 19 DI GAMPONG MEURANDEH DAYAH KECAMATAN LANGSA LAMA

Frisdayani Saragih (2021), PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP MANFAAT HAND SANITIZER UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN COVID – 19 DI GAMPONG MEURANDEH DAYAH KECAMATAN LANGSA LAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kasus virus covid – 19 pertama kali muncul di provinsi wuhan China. Gejala awalnya adalah batuk, demam, letih, sesak nafas dan tidak nafsu makan. Penularan virus ini ditularkan melalui kontak dekat dan percikan batuk/bersin (droplet ). Salah satu cara untuk mencegah penyebaran covid – 19 adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer merupakan salah satu bahan antiseptik berupa gel yang sering digunakan masyarakat sebagai media pencuci tangan yang praktis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat terhadap manfaat hand sanitizer untuk mencegah penyebaran covid – 19 di gampong meurandeh dayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil dari 56 responden tingkat pengetahuan masyarakat dengan kategori baik sebanyak 39 orang (69,64%), cukup 17 orang (30,36%) dan kurang 0 (0%). Dari keseluruhan data yang di dapat rata – rata pengetahuan masyarakat yaitu 80,53 (masuk ke dalam kategori baik). Masyarakat di Gampong meurandeh memiliki pengetahuan yang baik terhdap manfaat hand sanitizer untuk mencegah penyebaran covid – 19.


 


 

Kata kunci : Covid – 19, Hand sanitizer, Pengetahuan, Meurandeh Dayah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Frisdayani Saragih
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 10-02-2022 09:57
Terakhir diubah : 17-02-2022 11:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2466
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!