ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN AIR SUNGAI BATANG NATAL KECAMATAN BATANG NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL

Ahmad Rifdi (2022), ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN AIR SUNGAI BATANG NATAL KECAMATAN BATANG NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berubahnya warna air sungai Batang Natal. Sungai Batang Natal merupakan salah satu sungai besar di kabupaten Mandailing Natal. Dahulunya air sungai batang natal terlihat jernih, namun untuk saat ini air sungai batang natal sudah tercemar warna air kuning pekat. Sebelum air sungai tercemar sebagian besar masyarakat batang natal menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, bahkan setelah tercemar masih ada sebagian kecil yang menggunakan air tersebut.


Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan Teknik pengumpulan data dengan observasi, pengambilan sampel, tes laboratorium dengan Teknik analisis data statistik deskriptif yaitu menganalisis dengan cara menggambarkan data yang telah terkumpul bermaksud membuat kesimpulan tanpa berlaku untuk umum.
pH pada sungai bagian hulu, hilir, dan tengah masih tergolong memenuhi standar baku mutu air sungai. Pada parameter COD paling tinggi pada sungai bagian tengah 15,4 mg/L. sedangkan parameter BOD juga tinggi pada bagian tengah 7,1 mg/l. minyak lemak tinggi terdapat pada sungai bagian hulu, dan untuk warna pada terdapat sungai bagian tengah. Berdasarkan baku mutu air kelas II dikategorikan sedang.

Kata kunci : Air, Pencemaran, Baku Mutu Air, Sungai Batang Natal

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ahmad Rifdi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2022)
Tanggal disimpan : 09-02-2022 20:18
Terakhir diubah : 25-03-2022 11:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2464
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!