PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Zul Fahmi Al-habibi (2022), PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dan
penggunaan media pada pembelajaran matematika yang mengakibatkan siswa
kurang berminat sehingga menghasilkan hasil belajar yang kurang memuaskan.
Solusi untuk mengatasi masalah kurangnya minat belajar dan hasil belajar siswa
yaitu penerapan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan
menggunakan Microsoft powerpoint pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan
hasil belajar dan minat belajar siswa setelah digunakan media pembelajaran
powerpoint interaktif pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP
Negeri 8 Langsa.
Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas VIII-1
SMP Negeri 8 Langsa yang berjumlah 24 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pretest dan
posttest untuk menganalisis hasil belajar siswa dan instrumen angket minat belajar
untuk menganalisis minat belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada variabel pertama bahwa thitung
= 9,703 > ttabel (0,05 ; 23) = 2,068 dapat disimpulkan untuk menolak H0 dan
menerima Ha artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat peningkatan
terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Langsa setelah digunakan
media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Pada variabel kedua diperoleh
persentase rata-rata keseluruhan minat belajar matematika siswa sebesar 38,89%,
artinya hampir setengahnya siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Langsa telah
memiliki minat belajar matematika.
Saran yang diajukan bagi guru yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan pertimbangan serta masukan bagi sekolah dan guru untuk
dapat menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif untuk
meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Bagi peneliti berikutnya diharapkan
penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi karya yang lebih
baik lagi.

Kata kunci : Media Pembelajaran Multimedia Interaktif, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar, Minat Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zul Fahmi Al-habibi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 09-02-2022 18:22
Terakhir diubah : 10-03-2022 11:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2463
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!