KAJIAN PARAMETER KUALITAS PERAIRAN UNTUK BUDIDAYA KERANG HIJAU (PERNA VIRIDIS) DI PERAIRAN PULAU UJUNG BERANGAU DESA SUNGAI KURUK III, ACEH TAMIANG

Wajidah (2022), KAJIAN PARAMETER KUALITAS PERAIRAN UNTUK BUDIDAYA KERANG HIJAU (PERNA VIRIDIS) DI PERAIRAN PULAU UJUNG BERANGAU DESA SUNGAI KURUK III, ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kerang hijau merupakan salah satu jenis biota dari kelas bivalvia yang berpotensi dan memiliki nilai ekonomis untuk dikembangkan sebagai sumber protein dan mineral untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat indonesia. Budidaya kerang hijau mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak perlakuan, karena hanya dibutuhkan benih, lokasi yang sesuai dan tempat menempel kerang. Dalam mentukan titik lokasi yang sesuai, kualitas perairan merupakan salah satu faktor penting mendukung kegiatan budidaya kerang hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian parameter kualitas perairan di Pulau Berangau Ujung Desa Sungai Kuruk III Aceh Tamiang untuk budidaya kerang hijau. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2021, penelitian diawali dengan survei lokasi penelitian, penentuan titik lokasi penelitian, kemudian pengumpulan data dan analisis data untuk menganalisis daerah yang sesuai untuk dijadikan tempat budidaya kerang hijau. Pengumpulan data diperoleh dari 3 stasiun yang mana setiap stasiun dibagi menjadi 3 titik sub-stasiun. Berdasarkan hasil penelitian di daerah Pulau Ujung Berangau, stasiun 1,2 dan 3 masuk dalam kategori cukup baik atau sesuai untuk dijadikan lahan budidaya kerang hijau dengan stasiun yang paling mendukung adalah stasiun 2 dan 3 karena memiliki banyak parameter kualitas air yang mendukung, yaitu 5 dari 6 parameter kualitas perairan.

Kata kunci : Budidaya, Kerang Hijau (Perna viridis), Kualitas Perairan, Pulau Ujung Berangau.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wajidah
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2022)
Tanggal disimpan : 09-02-2022 15:25
Terakhir diubah : 16-03-2022 10:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2458
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!