ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO.102 AKUNTANSI MURABAHAH TERHADAP PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH (PKR) SEJAHTERA ( STUDI PADA PT. BANK ACEH SYARIAH CABANG KOTA KUALA SIMPANG)

Adinda syaputri (2022), ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO.102 AKUNTANSI MURABAHAH TERHADAP PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH (PKR) SEJAHTERA ( STUDI PADA PT. BANK ACEH SYARIAH CABANG KOTA KUALA SIMPANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan kesesuaian transaksi murabahah berdasarkan PSAK 102 tentang akuntansi murabahah pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Kota Kualasimpang. Jenis Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan staff perusahaan dan tim pembiayaan yang menangani PKR, dokumentasi berupa data laporan keuangan, dan kepustakaan. Wawancara digunakan untuk menggali informasi terkait permasalahan yang penulis angkat kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yaitu dalam menganalisis transaksi murabahah yang ada di PT Bank Aceh Syariah Cabang Kota Kualasimpang belum sepenuhnya menerapkan PSAK No.102, pada saat pengakuan dan pengukuran terhadap denda, dimana Bank tidak menetapkan denda bagi nasabah yang telat membayar angsuran.

Kata kunci : Pembiayaan Kepemilikan Rumah (PKR), Transaksi Murabahah, PSAK 102, dan Bank Aceh Syariah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Adinda syaputri
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2022)
Tanggal disimpan : 08-02-2022 21:28
Terakhir diubah : 16-03-2022 11:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2452
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!