PENGARUH PERBEDAAN JENIS TANAH DAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN OKRA MERAH (ABELMOSCHUS ESCULENTUS (L) MOENCH)

Nurhayati Nainggolan (2022), PENGARUH PERBEDAAN JENIS TANAH DAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN OKRA MERAH (ABELMOSCHUS ESCULENTUS (L) MOENCH) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

        Penelitian ini bertujuan untuk melihat pertumbuhan dan produksi tanaman okra merah (Abelmoscus esculentus (L) Moench) terhadap perbedaan jenis tanah dan dosis pupuk NPK mutiara, serta melihat interaksi antara keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Teungoh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, pada bulan Januari sampai dengan Maret 2021.


          Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu: faktor perbedaan jenis tanah (T) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: T1= tanah Histosol, T2= tanah Inceptisol dan T3= tanah Ultisol. Faktor dosis pupuk NPK (N) yang terdiri dari 5 taraf, yaitu: N0= kontrol, N1=2,5 gr/tanaman, N2=5 gr/tanaman, N3=7,5 gr/tanaman dan N4= 10 gr/tanaman. Parameter yang diamati antara lain: tinggi tanaman, diameter pangkal batang, umur berbunga, jumlah buah pertanaman, panjang buah dan bobot buah.


            Hasil penelitian menunjukkan perbedaan jenis tanah berpengaruh sangat nyata terhadap diameter pangkal batang pada umur 23, 30 dan 37 HST, namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter umur berbunga, tinggi tanaman, jumlah buah, panjang buah dan bobot buah. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan jenis tanah Histosol (T1).


            Hasil penelitian menunjukkan dosis pupuk NPK berpengaruh sangat nyata terhadap diameter pangkal batang pada umur 23, 30 dan 37 HST namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah buah, panjang buah dan bobot buah. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan dosis pupuk 7,5 gr/tanaman (N3).


            Interaksi antara perlakuan perbedaan jenis tanah dan dosis pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap jumlah buah dan panjang buah okra namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, umur berbunga dan bobot buah. Interaksi terbaik terhadap parameter pengamatan dijumpa pada jenis tanah Ultisol dan dosis pupuk NPK 10 gr/tanaman (T3N4).


          Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman okra yang baik dalam budidaya menggunakan polybag, disarankan menggunakan jenis tanah Ultisol dan dosis pupuk NPK 10 gr/tanaman.

Kata kunci : Okra, Histosol, Inceptisol, Ultisol, NPK

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurhayati Nainggolan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 24-01-2022 11:16
Terakhir diubah : 21-02-2022 15:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2366
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!